Mengenal Astrology Dalam Kehidupan

Dipublikasikan oleh anggraeny pada

Saat ini terdapat animo yang tinggi untuk Mengenal Astrologi dalam Kehidupan. Jika anda perhatikan informasi online maupun offline, banyak sekali bertebaran Informasi Astrologi seputar asmara, bisnis dan karir. Hal ini menunjukkan bahwa Astrologi sudah menjadi perbincangan umum ditengah masyarakat. Namun saya yakin, anda akan merasa asing dengan berbagai istilah dan pengertian Astrology selain dari gambaran tersebut diatas,  yang memang masih sangat jarang dijelaskan. Untuk itulah artikel ini coba saya tulis.

Definisi Astrologi

Elliot Kent penulis buku ” The Essential Guide to Practical Astrology : Everything from Zodiac Sign to Prediction, made easy and entertaining”, mendefinisikan Astrology sebagai Ilmu yang mempelajari hubungan antara Fenomena Aktivitas benda benda langit dengan kejadian yang ada di bumi. Sementara mereka yang melaksanakan Praktek Astrology disebut Sebagai Astrologer.

Kejadian di bumi yang seringkali dikaitkan dengan pengaruh aktivitas benda benda langit adalah karir, relasi, dan rejeki yang kesemuanya itu seringkali diulas dalam sebuah tulisan tentang Horoscoupe Bulanan ataupun mingguan.

Biasanya artikel sejenis ini ditulis oleh  Astrologer yang dengan segenap upaya menjelaskan bagiamana pergerakan planet saat itu berdampak pada kondisi anda, ditinjau dari Natal Chart yang anda miliki. Dan hal ini memberikan gambaran Kecil kepada masyarakat umum sehingga mereka mengenal Astrology dalam Kehidupan

Mengapa Menggunakan Astrology

Mengenal Astrology dalam Kehidupan  mengingatkan saya pada Feng Shui, hanya saja terjadi pada tataran langit dan bukan pada sebidang Landscape yang ada dibelakang rumah. Seperti kita pahami bersama, dalam Feng Shui menjelaskan bahwa Kondisi tanah mempunyai pengaruh pada diri manusia. Pada tataran sejenis, demikian juga Astrology, Ilmu ini membicarakan tentang pengaruh benda langit yang posisinya berada jauh ribuan kilometer dari posisi manusia, tetapi mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Ada semacam ketergantungan yang sangat sensitive, antara benda langit yang ada pada Solar Sistem, terhadap diri kita sebagai individu.

Dengan Mengenal Astrology, maka kita akan memiliki pemahaman metafisik, terhadap Konteks kehidupan secara kolektive, Universal dan Cosmological. Jika kita memahami Konteks Kehidupan tersebut, maka kita dapat membuat perencanaan yang lebih baik, sehingga apapun yang kita ingin wujudkan atau capai dalam kehidupan ini selaras dan harmonis dengan kondisi pergerakan atau tuntutan semesta. Harmonisasi antara kondisi Internal ( Buana Alit ) dengan Kondisi Eksternal ( Buana Agung) merupakan support sistem yang sangat bagus dan significan dalam menentukan kesuksesan anda. Demikianlah salah satu alasan Mengenal Astrology sangatlah penting.

Sejarah Astrology

Berdasarkan Teori, Astrology dianggap berasal dari kurang lebih sekitar 2500 – 3000 BC. Tepatnya Sekitar 2000 tahun BC, Astrologi mulai digunakan sebagai Media Divinasi. Berdasarkan teori, melalui Asimilasi dan pertukaran budya  dari Mesopotamia hingga Yunani, kita mengenal apa yang disebut sebagai Astrology Helenistik. Kenyataan  tersebut dikaitkan dengan dengan Claudius Ptolemy, seorang astronom dan Astrolog Yunani yang tinggal di Alexandria, Mesir. Dimana Teks tertulis paling awal tentang astrologi yang  berasal dari sekitar abad pertama SM ditemukan disana. Dan penemuan itulah menjadi  apa yang kita pahami saat ini sebagai Astrologi barat.

Beda lagi dengan Astrologi Timur, dimana di China Astrology nampaknya berasal dari sebuah mitos, dimana seorang Kaisar China ,mengundang sekumpulan binatang pada sebuah pesta, dan dari sana lahirlah  Zodiac China yang memang bersimbolkan Binatang. Sementara Vedic Astrology yang berasal dari India, Jejak sejarah tekstual paling kuno ditemukan sekitar 1400 – 1200 BC yaitu Naskah The Vedanga Jyostisha.

Astrologer Barat, secara umum mengadopsi system Astrologi Tradisional Helenistik, atau Syatem Astrologi Modern yang melibatkan lebih banyak benda langit seperti Dwarf Palnet, dan Asteroid, yang tentunya mengikuti aturan yang berbeda pula. Ada sebagian Astrologer yang hanya menggunakan Satu Metode, apakah Helenistik atau metode Modern, tetapi banyak pula yang menggabungkan kedua metode Astrologi tersebut,  beserta doktrin yang menyertainya, karena dianggap lebih meningkatkan intuisi mereka.

System Astrology

Ada dua sistem Astrology yang bisa anda temui dewasa ini, yaitu; Tropical dan Sideral. System Tropical kental dengan Nuansa Helenistik, sementara Sideral  lebih dominan menggunakan Verdic Astrology atau Astrology timur.

Orientasi dari Sistem Tropical mengacu pada 4 musim. Bagan Tropical digambar berdasarkan referensi posisi matahari pada garis Horison seperti halnya yang terlihat di bumi, dari lokasi yang spesifik, misalnya San Fransisco, California, atau Taipe  Taiwan.

Sementara untuk Sistem Sideral, maka Orientasinya berdasarkan posisi bintang. Bagan sideral digambar sesuai dengan referensi matahari terhadap Konstelasi bintang, serta pergerakan matahari melintasi Landscape konstelasi Bintang.

Aplikasi Astrology 

Natal Chart

Dengan menggunakan Software seperti Solar Fire Gold, anda bisa memasukkan data anda seperti tanggal lahir, jam kelahiran, lokasi tempat anda dilahirkan, sehingga anda bisa mendapatkan Natal Chart, yaitu peta Astrology  pada saat itu, ditempat itu disaat anda lahir ke dunia ini.

Dalam metodology Astrology Tradisional, dilakukan perubahan waktu kelahiran anda menjadi UTC ( sebuah praktek yang masih digunakan dalam praktek Numerology), lalu mengkalkulasi Ascendant Sign dan Mid Heaven Point, yang merupakan point tertinggi dalam system Koordinat Ecliptics. Perhitungan manual  ini tetap dilakukan  walaupun saat ini sudah terdapat banyak Sofware yang bisa melakukan semua tugas tersebut.

Dari data Asecendant Sign, Astrologer memperoleh gambaran seperti apakah Fisik anda, seperti apakah penampilan anda, serta siapakah sejatinya anda. Mid-heaven memberi tahu Astrologer tentang tujuan hidup Anda, target Anda, dan lintasan terbesar pendakian Anda dalam hal karier dan status sosial. Kemudian jika model astrologi Helenistik diterapkan dalam analisa, maka Analisia Houses dan Sign ( tanda tanda langit) dimulai dan sebagian besar merupakan hasil interpretasi  intuisi dari Astrologer.

Synastry

Synastry merupakan study terkait kondisi Potensial sebuah relasi atau hubungan antar dua pihak. Synastry dilakukan dengan cara melakukan analisa dan rekonsiliasi diantara dua natal chart. Dalam Analisa Synastry, seorang Astrolog memahami apa peran masing masing pihak terhadap hubungan yang dibina. Proyeksi Analisa menawarkan gambaran atau sudut pandang bagi masing masing pihak dalam sebuah relasi terkait apa yang mereka kehendaki dan proyeksikan dalam hubungan tersebut.

Dengan mengamati elemen pada masing masing Natal chart, dan bagaimana keseimbangan antar keduanya, akan membantu pasangan, memahami temperamen masing masing. Misal, siapakah diantara mereka berdua yang selalu menyulut pertengkaran? Siapakah yang paling bergantung pada pasangan? Jika hubungan itu merupakan pernikahan, siapakah yang paling berperan dalam masalah keuangan? Siapakah pihak yang Introvert dan siapakah yang ekstrovert. Semua data ini memberikan sebuah pengetahuan pada Astrologer, terkait potensial dari kompatibilitas antar pihak. Pada Masa lalu analisa Synastry ini,  digunakan sebagai metode perhitungan perjodohan yang dapat memperkirakan potensi mungkin atau tidaknya pasangan melaju ke jenjang pernikahan.

Electional Astrology

Merupakan Praktek astrology yang digunakan untuk menentukan hari baik bagi terselenggaranya sebuah kegiatan. Hari baik disini maksudnya adalah pada hari tersebut diperhatikan posisi bintang dilangit apakah menunjukkan posisi yang selaras untuk meraih kesuksessan di hari itu. Dalam praktek ini, Astrologer melakukan analisa dari event atau kegiatan yang akan dikerjakan, lalu memperhatikan apakah pada tanggal yang dipilih tersebut ada sebuah keselarasan yang kuat dan energetik dengan individu pelaku kegiatan.

Horary Astrology

Merupakan Sebuah metode atau Praktek divinasi yang mirip dengan Tarot. Klien memikirkan sebuah pertanyaan, lalu astrologer melakukan konstruksi terhadap Houses dan Sign pada Chart Astrology pada saat pertanyaan diajukan. Dalam Praktek ini, sama seperti Tarot, Astrologer juga akan menentukan Signifikator bagi klien, bisa berupa planet yang mempunyai pengaruh terhadap Ascendant Sign dari klien,  lalu menentukan posisi Houses terbaik dikaitkan dengan pertanyaan yang diajukan.

Demikianlah kurang lebihnya gambaran yang bisa saya berikan sehingga anda lebih mengenal  Astrology dalam Kehidupan. Tentunya untuk bisa mempunyai sebuah gambaran yang lebih luas dan Komprehensif terkait Astrology, membaca Artikel ini saja tidaklah cukup. Anda perlu memperluas wawasan anda dengan membaca buku buku terkait Astrology, sehingga gambaran utuhnya bisa didapatkan dengan lebih sempurna.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *