Penggunaan Tarot untuk Brainstorming

Dipublikasikan oleh anggraeny pada

Penggunaan Tarot untuk Brainstorming mungkin masih banyak yang belum memahaminya, utamanya bagi mereka yang tidak kenal Tarot. Dalam dunia Kreative, seperti misalnya mereka yang menjadi content Kreator, kebuntuan ide bisa menjadi hal yang sangat menyulitkan dan menantang. Sehingga perlu banyak digali cara mendobrak kebuntuan ide ini slah satunya dengan penggunaan tarot untuk brainstorming.

Ketidakmampuan menghasilkan konsep baru dalam berkreasi dapat menjadi hambatan yang serius bagi pengembangan proyek kreatif maupun inovasi. Dalam menghadapi hal ini, tentu banyak metode konvensional yang dapat dilakukan, seperti membaca buku, jalan jalan, melihat konten orang lain bahkan menonton Film. Namun tidak dipungkiri perlunya sebuah metode yang lebih holistic dan unik untuk bisa menjadi pemicu terbukanya kembali kebuntuan ide. Salah satunya adalah penggunaan tarot untuk Brains

Salah satu alternative yang cukup menarik tapi masih sangat jarang digunakan adalah Penggunaan Tarot untuk Brainstorming. Tentu ini menjadi sebuah tanda Tanya, bagaimana hal ini bisa terjadi. Bukankah Kartu Tarot lazim digunakan sebagai alat divinasi dan bukan media pendobrak kreativitas?

Kartu Tarot yang kaya akan symbol dan gambar, seyogyanya tidak dipandang sebagai alat ramal meramal atau media Divinasi saja, melainkan bisa diposisikan sebagai sumber yang kaya akan simbolisme yang dapat digunakan untuk memecah kebuntuan ide dangan melakukan eksplorasi terhadap dimensi baru dari penggunaan tarot dalam menghadapi tantangan berkreasi.

Artikel ini akan membahas, berbagai hal seputar penggunaan tarot untuk Brainstorming termasuk apa penyebab kebuntuan ide yang bisa saja dihadapi oleh mereka pelaku industry kreatif.

Penyebab Kebuntuan Ide

Kebuntuan ide dapat terjadi pada siapapun termasuk mereka yang berkecimpung dalam dunia kreatif. Tentu saja kebuntuan ide ini tidak bisa dibiarkan berkelanjutan, karena akan sangat mempengaruhi tingkat kreativitas, eksistensi dan bahkan income, utamanya bagi mereka yang memang pekerjaannya menuntut kemampuan berkreasi setiap saat.

Setidaknya ada beberapa hal yang membuat orang mengalami stagnasi atau kebuntuan ide. Pertama adalah kebuntuan ide bisa terjadi karena Rutinitas yang Monoton. Ketika seseorang terus menerus melakukan hal hal yang sama tanpa variasi maka pikiran kreatif cenderung akan terhambat.

Kebiasaan yang Monoton dapat dapat membuat otak kehilangan stimulasi baru sehingga menghambat kemampuan untuk melihat sebuah masalah atau situasi dari sudut pandang yang beragam atau berbeda.

Kedua adalah ketidakpastian dan kekhawatiran. Kekhawatiran terhadap masa depan atau ketidak pastian mengenai sebuah hasil atau keputusan dapat menyebabkan kebuntuan ide atau stagnasi. Rasa takut salah dan ketidakpastian hasil, seringkali menjadi Faktor terbesar yang mencegah atau menghambat seseorang untuk berfikir out of the boxes. Hal ini merupakan factor tersering penyebab terjadinya kebuntuan ide, matinya kreativitas, serta menghambat seseorang untuk mengambil resiko yang konstruktif.

Ketiga adalah kurangnya inspirasi dan motivasi. Kurangnya sumber inspirasi dan motivasi dapat mengarah pada stagnasi ide. Hal ini terjadi utamanya pada mereka yang tidak terisnpirasi atau kurang gairah untuk mengeksplorasi hal hal baru. Hal ini terjadi biasanya pada mereka yang kurang akses terhadap sumber kreativitas dan inspirasi atau kurang terhubung pada lingkungan yang menghubungkan dirinya dengan suasana yg mendukung kreativitas yang diharapkan.

Penggunaan Tarot untuk Brainstorming

Sekurangnya ada 3 alasan yang dapat dipertimbangkan dalam penggunaan Tarot untuk Brainstorming, yaitu :

Pertimbangan penggunaan Tarot untuk Brainstorming yang pertama adalah, kartu Tarot Kaya akan Simbolisme. Kartu Tarot memiliki gambar dan symbol yang sangat kaya makna, sehingga mampu membuka pintu bagi interpretasi yang beragam. Setiap Kartu bisa dianggap sebagai gambaran konsep atau ide tertentu yang mampu memberikan stimulus visual yang sangat kuat sehingga merangsang timbulnya pemikiran kreatif dan munculnya ide baru.

Pertimbangan Kedua penggunaan tarot untuk Brainstorming adalah, Aspek Psikologis dan Emosional. Seperti kita ketahui, kartu tarot tidak hanya menyentuh aspek Rasional dari penggunanya, melainkan juga merangsang sisi Psikologis dan emosi. Sehingga dapat dipastikan penggunaan kartu tarot untuk brainstorming akan memunculkan ide ide baru yang lahir dari sisi ini. Seseorang akan mampu menghasilkan karya Ketika sisi emosinya juga turut mendapatkan triger atau rangsangan visual. Apa lagi jika rangsangan visual ini melibatkan aspek psikis yang sedang dialami oleh pengguna. Sehingga ide ide segar pun niscaya tidak akan pernah habis.

Pertimbangan Ketiga penggunaan tarot untuk Brainstorming adalah, kartu tarot mempunyai sifat unik dan penuh kejutan. Dalam Brainstorming kartu tarot bisa memicu Interpretasi yang unik dan tak terduga, yang bisa merangsang timbulnya ide ide yang tidak biasa dan tak pernah terpikirkan. Ide ide ini sudah pasti sifatnya sangat spesifik dan tidak akan muncul selain melalui penggunaan tarot. Kondisi ini pastinya akan menjadikan seorang kreator tidak akan pernah kehabisan akal dalam berkarya.

Tehnik Penggunaan Tarot untuk Brainstorming

Setidaknya ada 5 tehnik penggunaan tarot untuk Brainstorming. Kelima tehnik itu adalah sbb :

1. Tehnik Representasi Ide.

Pada tehnik penggunaan tarot untuk brainstorming yang pertama  ini tentukan dulu ide apa yang paling dibutuhkan. Misal anda membutuhkan stimulus karena ingin menulis tentang pariwisata. Setelah memutuskan ide yang paling dibutuhkan, kocoklah kartu Tarot dan ambil secara acak. Amati kartu yang terambil. Misal terambil kartu The Hierophant, yang bergambar pemimpin agama dan bisa diartikan sebagai pola piker konserfatif. Melalui pengambilan kartu The Hierophant, anda bisa memaknai bahwa membahas Pariwisata bisa diambil topik utama yaitu pariwisata Spiritual yang ada di Indonesia.Anda bisa membahas tempat tempat wisata spiritual di Indonesia, seperti misalnya candi yang tersebar di Nusantara, atau pure pure kuno dan besar yang ada di bali, atau bahkan petilasan wali sanga yang tersebar di jawa. Dengan mempunyai ide awal maca mini anda bisa mulai menulis dan berkarya dengan pembahasan wisata spiritual sebagai focus. Mudah bukan?

2. Kartu Tarot Sebagai kharakter

Ketika misalnya anda ingin menulis sebuah Novel dengan ide dasar yang sudah dimiliki, dan membutuhkan pengembangan Karakter tokoh, maka tehnik Penggunaan  Tarot untuk brainstorming ini  bisa membantu anda. Caranya, pilih kartu Tarot court card, sejumlah 16 kartu lalu pisahkan dari kartu yang lain. Ke enambelas kartu Court card ini dipengaruhi oleh 4 jenis elemen alam, yaitu api untuk wands, angin untuk swords, tanah untuk pentacle dan air untuk cups.

Tarot Court card juga mewakili representasi umur, yaitu page untuk anak anak atau remaja, Knight untuk dewasa muda, queen untuk dewasa Wanita dan king untuk dewasa pria. Melalui pengenalan yang mendalam terhadap kharakter court card, anda bisa menggunakan court card untuk brainstorming, dalam  pengembangan kharakter tokoh pada cerita anda.

3. Kartu Tarot Sebagai alur cerita

Misalnya anda ingin membuat sebuah cerita Dimana anda sudah mempunyai ide cerita, tetapi mengalami kebuntuan dalam pengembangan alur atau plot. Anda bisa mencoba penggunaan tarot untuk  brainstorming dengan tujuan  merangkai sebuah alur cerita menggunakan 3 kartu tarot. Caranya, ambil kartu Tarot anda, lalu kocok dan kemudian sisihkan 3 kartu dan susun secara berurutan dari kiri ke kanan. Kartu yang paling kiri anda bisa jadikan awal cerita, kartu Tengah sebagai lanjutannya dan kartu paling kanan sebagai endingnya.

Amati ketiga kartu tersebut dimulai dari kartu paling kiri, Interpretasikan gambar dan symbol yang ada pada kartu lalu jadikan makna atau apa pun ide yang muncul pada kartu paling kiri tersebut sebagai akar masalah cerita anda. Kartu Tengah sebagai lanjutan atau pengembangan dari akar masalah dan kartu paling kanan sebagai penyeleseian terhadap masalah.

Memang untuk tehnik ini akan lebih bagus jika anda memiliki ketrampilan dasar membaca kartu tarot, mulai dari memahami makna kartu, background cerita yang ada pada kartu dan bahkan kaitan kartu dengan unsur alam bahkan astrologi. Tetapi hal ini juga bukan prasyarat utama. Anda tetap bisa merekam symbol dan gambal yang muncul dari kartu dan menginterpretasikan sesuai pikiran anda sendiri sebagai seorang novis atau pemula.

4. Kartu Tarot sebagai kata kunci

Jika anda ingin membuat sebuah artikel, tetapi bingung harus memulai dari mana dan bagaimana mengembangkan topik, anda tetap bisa menggunakan kartu tarot sebagai sarana Brainstorming. Misal, anda ingin menulis tentang Batik, tetapi tidak bagaimana mengawalinya, maka lakukan tehnik berikut.

Kocok kartu tarot anda seperti biasanya, lalu ambil satu kartu sebagai ide awal. Misal kartu yang tercabut adalah 6 of cups, dengan kata kunci utama memory. Maka anda dapat memaknai sebagai Sejarah atau asal mula. Sehingga anda bisa membahas Batik dari sisi sejarahnya terlebih dahulu.

Misal anda butuh ide berikutnya, dan Kembali melakukan pengocokan kartu dan menarik kartu 9 Of cups yang salah satu kata kunci utamanya adalah kepuasan. Melalui kata kunci kepuasan, anda bisa mengembangkan ide seperti kepuasan dalam memiliki batik, yang juga bisa bermakna mengoleksi batik. Disini anda bisa membahas terkait tehnik dan cara mengoleksi batik, mulai dari pemilihannya, sampai pada perawatn dan penyimpanan.

Pada Kasus lain anda mungkin bisa  memfokuskan pada pengembangan kata kunci rasa Syukur, anda bisa mengembangkannya menjadi ide batik apa saja yang motifnya pas untuk digunakan dalam acara syukuran, atau pesta dan masih banyak lagi. Tentunya ide dasar dari Kata kunci kartu sangat terbuka lebar untuk anda kembangkan sesuai dengan interprestasi anda.

5. Kartu Tarot sebagai perbandingan

Bisa juga Tarot memberikan ide bagi anda untuk memecahkan masalah atau persoalan yang pada saat tertentu dirasa buntu. Caranya,ambil satu kartu Tarot yang anda anggap paling mencerminkan kondisi anda atau persoalan yang sedang dihadapi. Lalu ambil lagi kartu kedua yang menggambarkan kondisi yang anda idamkan untuk terjadi.

Letakkan kartu pada posisi berseberangan, untuk merasakan perbedaan energy keduanya. Yang satu sarat akan energy negatif karenea merupakan reprsentasi masalah yang dihadapi, sementara kartu lainnya sarat akan energy positif karena merupakan kartu yang merpresentasikan kondisi ideal yang diharapkan.

Berikutnya ambil kartu ketiga dan letakkan diantara dua kartu diatas. Kartu ketiga ini adalah kartu yang merepresentasikan ide untuk merubah kondisi dari masalah menjadi kondisi yang diharapkan. Amati kartu, coba interpretasikan symbol dan gambar serta kaitkan dengan alternative solusi untuk mengatasi masalah. Anda bisa menambahkan beberapa kartu lagi untuk ide tambahan dalam menghadapi masalah atau merubah keadaan dari yang tidak diharapkan menjadi seperti yang diharapkan.

Demikianlah beberapa tehnik penggunaan tarot untuk brainstorming.  Pilihlah satu tehnik yang paling pas untuk anda  gunakan. Tentunya tehnik yang dituliskan pada artikel ini sangat terbatas dan masih banyak lagi tehnik lain yang bisa digunakan untuk membuat tarot sebagai media Brainstorming. Selamat mencoba.

Kategori: Tarot Tips

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *