Tarot dan Pemberdayaan Diri

Dipublikasikan oleh anggraeny pada

Tarot dan Pemberdayaan diri adalah dua hal yang seringkali dianggap saling bertentangan dan bahkan saling melemahkan. Bagi mereka yang menganggap tarot hanya sebagai media ramal meramal, akan sangat susah menghadirkan tarot sebagai sarana memberdayakan diri. Justru mereka menganggap tarot dan ramalan yang dihasilkannya hanya melemahkan karakter dan pribadi penikmatnya.

Melalui pendekatan yang berbeda, saya justru merasa bahwa bukan hal yang mustahil menghadirkan Tarot dan Pemberdayaan diri dalam satu wadah yang konkrit dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Melalui tulisan Tarot dan Pemberdayaan Diri ini, saya akan mencoba mengetengahkan bagaimana tarot dapat dimanfaatkan sebagai sarana menumbuhkan kekuatan atau pemberdayaan diri, mendorong peningkatan kesadaran diri serta memberikan support pada pertumbuhan Pribadi, dalam perjalanan hidup kita yang unik dan beragam.

Berikut ini akan dibahas peranan Tarot dan pemberdayaan diri melalui berbagai cara sehingga terwujudlah kekuatan internal dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup.

Refleksi Diri

Dalam rangka menumbuhkan kekuatan Internal, maka Tarot dapat digunakan sebagai sarana refleksi diri. Melalui refleksi diri dengan media Kartu Tarot, maka diharapkan seseorang akan menemukan sudut pandang beragam dalam mengahadapi persoalan hidup. Setiap kartu dari 78 kartu Tarot, memuat symbol dan gambar yang merepresentasikan berbagai aspek dalam pengalaman kehidupan manusia, symbol energi dan Pelajaran kehidupan.

Dengan menggunakan Kartu Tarot, kita bisa melakukan akses terhadap kondisi batiniah kita. Seperti halnya cermin yang merefleksikan bayangan diri, demikian pula penggunaan kartu tarot, juga mampu merefkesikan gambaran batin yang saat ini muncul. Jika refleksi batin cenderung negative, maka kita bisa segera merubahnya menjadi positif, sehingga pola pikir pun menjadi positif dan lebih konstruktif.

Fokus dan Penetapan Tujuan

Tidak banyak orang menyadari bahwa tarot dapat digunakan untuk membantu kita lebih Fokus dan menetapkan tujuan atau Goal. Dengan menggunakan tebaran tertentu kita bisa menyelaraskan diri kita denga napa pun yang ingin kita raih.

Seringkali seseorang mengalami kegagalan dalam meraih sukses atau keinginan dan target diri, bukan karena kurangnya rencana, atau Tindakan, tetapi lebih banyak pada ketidak selarasan antara keinginan dan Tindakan. Kadang rencana yang disusun sedemikian hebatnya, tetapi lupa memperhitungkan aspek keselarasan antara rencana yang disusun dengan kemampuan diri, kondisi batin bahkan sumber daya yang tersedia.

Melalui penggunaan Kartu Tarot, kita bisa lebih memfokuskan diri pada aspek aspek yang selaras dengan kondisi batin dan diri kita dalam menetapkan tujuan  atau rencana sukses. Kartu Tarot dapat memberikan panduan, saran dan perspektif yang dapat kita gunakan sebagai informasi dalam proses pengambilan keputusan, serta mendukung Langkah Proaktif dalam meraiah setiap rencana sukses kita. Tarot memberi kita kekuatan untuk menentukan Langkah hidup kita serta mengambil keputusan yang selaras dengan nuansa batin.

Tantangan dan Transformasi

Salah satu unsur lain yang merupakan perwujudan Tarot dan permberdayaan diri adalah bagaimana tarot dapat digunakan dalam menghadapi tantangan kehidupan dan penerimaan akan adanya perubahan atau transformasi hidup yang seringkali pahit dan susah diterima.

Hidup ini penuh dengan tantangan dan perubahan. Jika perubahan mengarah pada hal yang menyenangkan tentu kita merasa nyaman dan siap menerima. Tetapi bagaimana jiak sebaliknya? Hidup mengarahkan kita pada perubahan yang pahit dan menyesakkan? Disinilah tarot mempunyai peranannya tersendiri yaitu memberikan kita kekuatan menghadapi hal yang tidak mengenakkan tersebut.

Tarot memberi kita panduan dan dorongan dalam menghadapi masa sulit, menawarkan wawasan tentang cara mengatasi rintangan dan melakukan penerimaan utuh terhadap sebuah perubahan yang tidak mengenakkan. Kartu Tarot The Tower,  dan Th Death mengingatkan kita bahwa terkadang, kehancuran dan akhir diperlukan untuk permulaan yang baru dan transformasi pribadi. Tarot dapat membantu kita menemukan kekuatan, ketahanan, dan pemahaman selama fase-fase transformasi ini.

Intuisi dan Kepercayaan Diri

Penggunaan Tarot dalam menumbuhkan kekuatan diri yang lain adalah meningkatnya Intuisi dan Kepercayaan diri. Dengan menggunakan tarot dalam keseharian, secara bersamaan intuisi kita pun akan meningkat.

Ketika kita semakin akrab dengan symbol dan gambar yang digunakan pada tarot, maka dengan sendirinya kita belajar untuk mempercayai intuisi dan bimbingan atau suara batin kita sendiri. Melalui penggunaan Kartu Tarot dalam kehidupan sehari hari secara teratur, kita memperdalam hubungan diri kita dengan kekuatan intuisi dan sumber kebiajakan agung yang bersemayam dalam diri.

Mekhanisme perberdayaan mcam ini akan mendorong kita membuat sebuah keputusan yang otentik dan selaras dengan manfaat dan kebaikan bagi diri kita.

Penerimaan Diri

Tarot dan Pemberdayaan diri, pada akhirnya mengajarkan pada kita untuk mampu menerima diri kita apa adanya serta mencintainya dengan utuh. Melalui penggunaan kartu tarot, kita diajak untuk mampu mengenali diri sendiri, mengetahui sisi kuat dan sisi lemah kita. Tarot mengajarkan pada kita untuk secara jujur mampu menghormati Batasan yang kita miliki, mendengarkan suara batin dan bersikap luwes serta lunak pada diri sendiri.

Melalui Pemberdayaan diri semacam ini kita belajar untuk memupuk kesejahteraan dan kebahagiaan kita sendiri tanpa perlu bergantung pada apapun yang ada diluar diri. Sehingga pada akhirnya kita memiliki kemandirian mental dan spiritual yang pada akhirnya menyokong kekuatan karakter dan pribadi dalam menghadapi persoalan apapun.

Demikianlah bagaiaman Tarot memiliki peranan yang sangat besar dalam menumbuhkan kekuatan batin dan karakter penggunanya. Semoga melalui tulisan ini, siapa saja yang membacanya tidak membatasi praktek Divinasi dalam ruang lingkup sempit seperti ramal meramal masa depan, tetapi mampu menempatkannya secara lebih proporsional sebagai media pengembangan diri.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *